Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita
Tanya Psikolog
Mom Nina Bungawati
Belum Lancar Berbicara Anak saya 2th (L) belum lancar berbicara, hanya bisa beberapa kata saja (seperti; ini, mau, pus, main, maem) dan sisanya mengoceh tidak jelas. Apakah ini normal? Bagaimana caranya agar anak saya lekas lancar berbicaranya? Mengingat teman2 seusianya sudah pandai berbicara 2-3 suku kata. Trims sebelumnya :)
Belum Lancar Berbicara oleh Mom Nina Bungawati Anak saya 2th (L) belum lancar berbicara, hanya bisa beberapa kata saja (seperti; ini, mau, pus, main, maem) dan sisanya mengoceh tidak jelas. Apakah ini normal? Bagaimana caranya agar anak saya lekas lancar berbicaranya? Mengingat teman2 seusianya sudah pandai berbicara 2-3 suku kata. Trims sebelumnya :)
Psikolog Roslina Verauli
Psikolog Roslina Verauli
Hello Mom Nina.. betul mom, biasanya anak usia 2 tahun, rata-rata di usia 18 hingga 22 bulan sudah menguasai kemampuan wicara yang lengkap, dalam pengertian terdiri dari dua hingga tiga kata atau lebih, dengan struktur bahasa (S-P-O/K) yang lengkap. Dulu, saat pemahaman tentang kemampuan wicara belum seberkembang saat ini, terlambat wicara, terutama pada anak laki-laki, seringkali dianggap terlambat bicara biasa. Padahal, terlambat wicara merupakan indikasi adanya gangguan dalam tumbuh kembang anak. Untuk mengetahui gangguan tumbuh kembang apa yang menyertai hingga ia terlambat wicara, ajak ke klinik Tumbuh Kembang ya mom. Ada di setiap Rumah Sakit, untuk pemeriksaan dengan Psikolog Klinis khusus Anak yang memahami terlambat wicara. Untuk stimulasi di rumah, kita terapkan teknik CDS alias Child Directed Speech ya mom, jadi saat bicara dengan si kecil, gunakan 1-2 kata saja, dengan lambat, intonasi yang kencang, dengan pengulangan hingga ia bisa mengulangi. Jangan lupa pujian setiap ia mampu mengulangi meski belum sempurna. sebagai latihan ajak ia bernyanyi lagu-lagu sederhana seperti; "satu-satu aku sayang ibu" hingga "Balonku" atau ajak bercerita dongeng. Mudah-mudahan si kecil Anda lebih berkembang wicaranya yaa..
Mom Mami Jerico
Mom Mami Jerico
yimak
Mom Yeni Setiyawati
Mom Yeni Setiyawati
Terimakasih penjelasannya bunda Roslina
Mom Yeni Setiyawati
Mom Yeni Setiyawati
Rajin menstimulasi ya mom
Mom Luluk Sri Wahyuni
Mom Luluk Sri Wahyuni
jadi tau
Mom Andriana Arih M
Mom Andriana Arih M
tetap sabar dan berusaha ya bun
Mom Andriana Arih M
Mom Andriana Arih M
terima kasih penjelasannya bun
Mom Pua Herlina
Mom Pua Herlina
trs diajak berbicara mom biar lancar bicaranya
Login dulu ya mom di sini sebelum memberi komentar
Login/Register di sini
Komentar Terbaru
padaTak Hanya Menghibur, Ide... oleh Mom Yeni Setiyawati
padaCara Seru Libatkan Anak... oleh Mom Yeni Setiyawati
padaJangan Asal Marah,... oleh Mom Yeni Setiyawati
artikel & Tips
21 Jul 2014
Jari jemari anak Mom sudah mulai lentur dan suka mengetuk-ngetuk ketika mengikuti irama lagu? Inilah saatnya Mom memperkenalkan dia dengan musik....
Selengkapnya
Lihat Semua Artikel & Tips