Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita
Tanya Dokter
Mom Noviana Hong
Belum Mau Makan Nasi Daer dr. Linda, anak saya perempuan, 1 thn 10 bulan, sampai sekarang belum mau makan nasi sebagai makanan pokok nya. Sehari" nya dia cuma makan roti, sayuran hijau, mie, camilan, dan susu. Saya sudah coba beberapa cara utk membujuk dia, mulai dr nasi nya saya lunak-an, ajak bermain dll. Tapi tetap juga paling termakan 2 sendok. Beart badan nya sampai hari ini cuma 10kg. Apakah itu sehat dok ?
Belum Mau Makan Nasi oleh Mom Noviana Hong Daer dr. Linda, anak saya perempuan, 1 thn 10 bulan, sampai sekarang belum mau makan nasi sebagai makanan pokok nya. Sehari" nya dia cuma makan roti, sayuran hijau, mie, camilan, dan susu. Saya sudah coba beberapa cara utk membujuk dia, mulai dr nasi nya saya lunak-an, ajak bermain dll. Tapi tetap juga paling termakan 2 sendok. Beart badan nya sampai hari ini cuma 10kg. Apakah itu sehat dok ?
Dokter Carlinda Nekawaty
Dokter Carlinda Nekawaty
Perlu bunda ketahui, makanan untuk seusia anak bunda adalah makanan yang harus mengandung banyak gizi, mengingat bahwa pada usia ini anak tengah memasuki fase yang palinng produktif dalam mengembangkan kecerdasannya. Selain itu, juga merupakan usia terbaik bagi anak dalam mengembangkan karakter serta kesehatan anak tersebut. Sehingga diperlukan makanan terbaik yang mengandung asupan gizi yang seimbang sehingga pertumbuhan sang anak akan terbantu terutama dalam memaksimalkan potensi kecerdasan, kesehatan serta karakter mereka. Dalam menyediakan menu makanan, usia anak bunda sudah diperbolehkan makan makanan padat yang sama dengan makanan orang dewasa, namun dibatasi karena kapasitas pencernaan anak. Pemberian makanan padat seperti karbohidrat banyak terkandung pada nasi, umbi-umbian, dan makanan ini dianjurkan untuk diberikan pada anak usia 1 tahun karena jenis makanan ini membantu merangsang ketajaman indera perasa mereka. Berikan asupan karbohidrat yang bervariasi. Jika anak bunda tidak menyukai nasi, bunda tidak perlu terlalu khawatir karena dapat diganti dengan pasta, kentang, roti yang juga mengandung karbohidrat. Namun, bunda perlu memperhatikan makanan yang disantap, hindari makanan yang banyak mengandung pengawet, pewarna buatan, penyedap rasa, karena akan mengganggu perkembangan otak. Untuk anak bunda dengan usia 1 tahun 10 bulan dengan berat badan 10 kg dapat dikatakan sedikit kurang karena penghitungan/ rumus berat badan untuk anak 1-10 tahun adalah 2n+8. Sehingga jika dihitung, 2n dari usia 1 tahun 10 bulan = 2 tahun 20 bulan atau 3 tahun 8 bulan, sehingga berat badan anak bunda seharusnya adalah 3,8 + 8 = 11,8kg. Dengan mengetahui bahwa berat badan anak bunda kurang, bunda perlu mengatur pola makan anak bunda untuk memperoleh berat badan yang sesuai. Namun, jika tidak ada perubahan sangat disarankan bunda konsultasikan ke dokter spesialis anak untuk mendapat penjelasan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.
Mom Noviana Hong
Mom Noviana Hong
Thank you dr. Linda...
Mom Yeni Setiyawati
Mom Yeni Setiyawati
Mksh penjelasannya bu dokter
Mom Yeni Setiyawati
Mom Yeni Setiyawati
Ikut menyimak
Mom Nurul Hidayah
Mom Nurul Hidayah
Menyimak...
Mom Yeni Setiyawati
Mom Yeni Setiyawati
Latih secara perlahan dan sabar ya mom
Mom Pua Herlina
Mom Pua Herlina
ikut nyimak
Mom Andriana Arih M
Mom Andriana Arih M
Intinya sih harus sabar, pengalamanku dulu pas anak pertama sampe 3th malah susah sekali makan nasi, dia ga mau kunyah kalo liat nasi. tp sebagai ibu, harus punya banyak akal mengubah nasi menjadi sesuatu yang dia sukai. kadang saya bikin bubur, kadang kaya bikin nasi lemes trus saya bikin bola bola nasi...
Login dulu ya mom di sini sebelum memberi komentar
Login/Register di sini
Komentar Terbaru
padaTak Hanya Menghibur, Ide... oleh Mom Yeni Setiyawati
padaCara Seru Libatkan Anak... oleh Mom Yeni Setiyawati
padaJangan Asal Marah,... oleh Mom Yeni Setiyawati
artikel & Tips
27 Feb 2017
Sering merasa kagum mendengar anak yang fasih berbahasa asing? Belajar bahasa asing seperti Inggris dan Mandarin memang disarankan untuk dimulai...
Selengkapnya
Lihat Semua Artikel & Tips