Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita
Tanya Psikolog
Mom Lucy Tjen
Perlukah Les / Kursus untuk anak2 usia 7th sekarang ini karena beratnya pelajaran di sekolah dan kesibukan ortu, biasanya anak dimasukkan ke dalam BIMBEL / Kursus,,,menurut ibu, perlukah itu?
Perlukah Les / Kursus untuk anak2 usia 7th oleh Mom Lucy Tjen sekarang ini karena beratnya pelajaran di sekolah dan kesibukan ortu, biasanya anak dimasukkan ke dalam BIMBEL / Kursus,,,menurut ibu, perlukah itu?
Psikolog Roslina Verauli
Psikolog Roslina Verauli
Umumnya bimbingan belajar diberikan ketika anak mengalami kesulitan menguasai pelajaran-pelajaran di sekolah mom. Pelajaran di sekolah semua mengacu pada kurikulum yang derajat kesulitannya sudah disesuaikan dengan usia di tingkat pendidikan tertentu secara umum. Jadi, anak dengan kecerdasan memadai/rata-rata diharapkan dapat menguasai pelajaran di kelasnya dengan baik. Dengan kata lain, anak diprediksi baru akan alami kesulitan dalam belajar hanya bila 1) tingkat kecerdasannya kurang memadai atau 2) anak diiringi dengan gangguan dalam perkembangan, seperti; ADHD, gangguan belajar, dan sebagainya. Nah, fenomena yang ada saat ini, banyak anak yang justru tak butuhkan BIMBEL dan les mata pelajaran justru diberi hingga mereka overloaded dan kelelahan. Bedakan dengan les/kursus minat/hobi yang menyenangkan bagi anak. BIMBEL/les pelajaran kembali, akibatkan anak kehilangan waktu istirahat yang memadai, jam bermain, dan bersosialisasi. Dampaknya, saat di jam belajar dalam kelas anak gagal berkonsentrasi dan sukar ikuti pelajaran di kelas. Sehingga dikira butuh BIMBEL, padahal yang mereka butuhkan kegiatan istirahat (sekitar 8-9jam/hari untuk anak SD), bermain (secara aktif/kegiatan 'fun' 4-5 jam/hari), dan bersosialisasi (2-3 jam/hari) agar dapat kembali optimal saat berhubungan dengan tugas-tugas belajar yang membutuhkan usaha-usaha mental tingkat tinggi. Demikian mom, semoga dapat pencerahan:)
Mom Siti Rosyana
Mom Siti Rosyana
Hmmm..jd seperti itu ya
Mom Siti Rosyana
Mom Siti Rosyana
Kalau utk tk/paud gmn..perlu ga ya
Login dulu ya mom di sini sebelum memberi komentar
Login/Register di sini
Komentar Terbaru
padaTak Hanya Menghibur, Ide... oleh Mom Yeni Setiyawati
padaCara Seru Libatkan Anak... oleh Mom Yeni Setiyawati
padaJangan Asal Marah,... oleh Mom Yeni Setiyawati
artikel & Tips
11 Mar 2018
Jika ditanya pelajaran apa yang paling sulit atau ditakuti anak-anak, kebanyakan akan menjawab matematika. Dilansir dari situs parents, belajar...
Selengkapnya
Lihat Semua Artikel & Tips