Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita
Tanya Psikolog
Mom Aiunanda Rahmawati
suka minder anakku umur 4th , sedangkan adik ipar saya 5th saya kadang jengkel dgn adik karna , selalu ribut dgn anakku , mulai mainan dan segala macam ,pelit juga, dan jujur saja ada perlakuan berbeda oleh mertua laki2 mungkin karna dia merasa lebih punya anak daripada cucu, kemana2 jarang di ajak dan selalu memprioritaskan adik , anakku suka minder setiap di tanya tentang kakek dan sering menjawab ga punya kakek , setiap main di luar selalu di cegah main bersama oleh adik ,makanya anak saya lebih senang bermain di rumah hanya bermain gadget,belajar,paling keluar sebentar, sedangkan ayahnya kerja luar kota jarang bertemu,,dulu waktu kecil anakku sgt aktif segala ingin dgn kakek,setelah mulai pra sekolah dia jadi pendiam dan cenderung menutup diri, bagaimana menyikapi sifat anak saya? dan bagaimana menghadapi adik yang banyak omong seperti org gede?
suka minder oleh Mom Aiunanda Rahmawati anakku umur 4th , sedangkan adik ipar saya 5th saya kadang jengkel dgn adik karna , selalu ribut dgn anakku , mulai mainan dan segala macam ,pelit juga, dan jujur saja ada perlakuan berbeda oleh mertua laki2 mungkin karna dia merasa lebih punya anak daripada cucu, kemana2 jarang di ajak dan selalu memprioritaskan adik , anakku suka minder setiap di tanya tentang kakek dan sering menjawab ga punya kakek , setiap main di luar selalu di cegah main bersama oleh adik ,makanya anak saya lebih senang bermain di rumah hanya bermain gadget,belajar,paling keluar sebentar, sedangkan ayahnya kerja luar kota jarang bertemu,,dulu waktu kecil anakku sgt aktif segala ingin dgn kakek,setelah mulai pra sekolah dia jadi pendiam dan cenderung menutup diri, bagaimana menyikapi sifat anak saya? dan bagaimana menghadapi adik yang banyak omong seperti org gede?
Psikolog Roslina Verauli
Psikolog Roslina Verauli
Hello Mom.. Terbayang betapa sukarnya posisi si kecil Anda. Di saat anak usia 4-5 membutuhkan pendalaman dalam jelajah lingkungan dan membutuhkan dukungan dari orang-orang dewasa disekitarnya ia harus menghadapi orang yang dianggap "dewasa" meski masih seusia dan kakek yang belum paham bahwa adik vs anak hanya berbeda tingkat dalam kekerabatan. Kenyataannya mereka hanyalah anak-anak balita. Sebagai balita yangtumbuh bersama dalam satu lingkungan mereka membutuhkan perhatian yang sama banyaknya. Unfairness hanya akan membuat anak merasa tidak disayang dan bahkan merasa tertindas. Tentu saja ia menjadi tidak bahagia yang ditampilkan dalam bentuk perilaku murung hingga minder. Nah untuk mengatasinya, mengapa Anda tak melibatkan diri lebih besar dalam menyediakan tempat dan teman bermain bagi si kecil? Ajak dia ikut play-date bersama anak-anak teman Anda atau teman disekolahnya. Bila perlu diskusikan pada pasangan agar mulai mempertimbangkan membangun keluarga mandiri sehingga tidak tinggal bersama atau terlalu dekat dengan orang tua. Secara psikologis sudah saatnya setiap anak dewasa benar-benar membangun independency apalagi yang sudah membangun keluarga seperti Anda dan pasangan. Agar sistem keluarga Anda dapat dibangun secara optimal dengan cara dan gaya Anda sendiri. Jangan lupa ingatkan ayah si kecil untuk terlibat dalam pengasuhan dan bermain dengan anaknya saat sedang di rumah. Berdampak menumbuhkan perasaan dicintai dan confidence pada anak Anda loh mom. :)
Mom Yeni Setiyawati
Mom Yeni Setiyawati
Semoga mendapat jalan keluar terbaik
Mom Yeni Setiyawati
Mom Yeni Setiyawati
Tak bolehmembeda-bedakan anggota keluarga
Mom Yeni Setiyawati
Mom Yeni Setiyawati
Bersama suami untuk mengatasinya
Mom Yeni Setiyawati
Mom Yeni Setiyawati
Kesabaran adalah kunci utama setiap masalah
Mom Nurul Hidayah
Mom Nurul Hidayah
Terimaksih pencerahannya mb vera
Mom Nurul Hidayah
Mom Nurul Hidayah
Nambah ilmu nih
Mom Andriana Arih M
Mom Andriana Arih M
Ilmu baru nih...terima kasih untuk sharingnya
Mom Pua Herlina
Mom Pua Herlina
Makasih infonya
Login dulu ya mom di sini sebelum memberi komentar
Login/Register di sini
Komentar Terbaru
padaTak Hanya Menghibur, Ide... oleh Mom Yeni Setiyawati
padaCara Seru Libatkan Anak... oleh Mom Yeni Setiyawati
padaJangan Asal Marah,... oleh Mom Yeni Setiyawati
artikel & Tips
31 Oct 2016
Anak- anak yang memiliki bekal kreatif sejak dini cenderung tumbuh lebih fleksibel, lebih mampu beradaptasi, mampu memecahkan persoalan, dan pandai...
Selengkapnya
Lihat Semua Artikel & Tips