Hi Mom!
Login/Register di sini
Menu
Home Tentang Kami Ruang Anak Ruang Mom Loyalty Program Berita
Tanya Psikolog
Mom Aih Siskawati
supaya anak berani tidur sendiri pagii,bagaimana ya agar anak saya berani/mau tidur sendiri,usianya 4,5 tahun laki2,??
supaya anak berani tidur sendiri oleh Mom Aih Siskawati pagii,bagaimana ya agar anak saya berani/mau tidur sendiri,usianya 4,5 tahun laki2,??
Psikolog Roslina Verauli
Psikolog Roslina Verauli
Selamat pagi mom.. Ya,di usia 4 tahun kebanyakan anak masih takut untuk mulai tidur sendiri dengan berbagai alasan, antara lain; takut gelap, takut sama hantu atau monster, takut sendirian, dsb yang umumnya segera berakhir memasuki usia 5-6 tahun. Itu sebab, mereka butuh 'ditenangkan' dengan cara memberi konfirmasi bahwa kamar dan tempat tidurnya aman. Anda bisa mengajak si kecil masuk ke kamarnya setengah jam sebelum jam tidur untuk bermain menuju tidur bersama mom. Agar ia merasa nyaman dengan kamar dan tempat tidurnya. Saat bermain bersama yakinkan atau beri konfirmasi betapa dia dan Anda baik-baik saja. Bantu dia menyiapkan dirinya nyaman di tempat tidur dan Anda bisa ijin untuk kembali ke kamar Anda padanya. Bila ia masih merasa tak nyaman, ajukan agar ia punya 'teman tidur' yang ia pilih dari salah satu mainannya, bisa robot, tokoh super hero, atau pesawat mainan miliknya. Mainan sebagai teman tidur masih dapat digunakan sebagai "transisi" untuk akhirnya benar-benar ia mampu tidur sendiri. Bila ia masih berkeberatan, tak perlu memaksa. Bacakan cerita tidur untuknya hingga ia terlelap. Setelahnya Anda bisa kembali ke kamar tidur Anda. Memang agak melelahkan proses seperti ini bagi orang tua kebanyakan. Namun hanya butuh 1-2 minggu proses yang konsisten mom. Demikian ya.. Semoga si kecil Anda sukses berani tidur sendiri:)
Mom Aih Siskawati
Mom Aih Siskawati
wah,terima kasih atas sarannya
Mom Aih Siskawati
Mom Aih Siskawati
siipp,saya coba
Mom Siti Rosyana
Mom Siti Rosyana
Sama anak sy juga blm mau tdr sendiri
Mom Siti Rosyana
Mom Siti Rosyana
Bs dicoba nih
Login dulu ya mom di sini sebelum memberi komentar
Login/Register di sini
Komentar Terbaru
padaTak Hanya Menghibur, Ide... oleh Mom Yeni Setiyawati
padaCara Seru Libatkan Anak... oleh Mom Yeni Setiyawati
padaJangan Asal Marah,... oleh Mom Yeni Setiyawati
artikel & Tips
26 Sep 2014
Melihat temannya jatuh, Mavi segera menghampiri dan membantu Oscar berdiri. Lalu dia berkata kepada Ibu Guru “Miss, Oscar jatuh.”  Ini hanya...
Selengkapnya
Lihat Semua Artikel & Tips